Selasa, 14 Juni 2011

PERENCANAAN PENDIDIKAN

PERENCANAAN PENDIDIKAN
TUGAS


DI SUSUN OLEH:
FIKRI NURUL IHSAN
NIM/BP: 17176/2010






ADMINISTRASI ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2011


A. DATA
• Guru menurut jenis kelamin
 Laki-laki : 17 orang
 Perempuan : 29 orang
• Guru menurut umur
24 tahun 2 orang
25 tahun 2 orang
26 tahun 6 orang
27 tahun 5 orang
28 tahun 1 orang
29 tahun 5 orang
30 tahun 2 orang
31 tahun 2 orang
32 tahun 1 orang
33 tahun 2 orang
34 tahun 3 orang
35 tahun 1 orang
36 tahun 3 orang
38 tahun 2 orang
39 tahun 1 orang
40 tahun 1 orang
41 tahun 1 orang
42 tahun 1 orang
43 tahun 1 orang
44 tahun 1 orang
45 tahun 1 orang
46 tahun 1 orang
47 tahun 1 orang

• Guru menurut kwalifikasi
D3 1 orang
S1 43 orang
S2 2 orang

• Guru menurut masa kerja
5 bulan 11 orang
1 tahun 6 orang
1,5 tahun 12 orang
3 tahun 1 orang
4 tahun 1 orang
6 tahun 4 orang
10 tahun 5 orang
11 tahun 2 orang
12 tahun 1 orang
13 tahun 2 orang
14 tahun 1 orang

• Guru tetap : 44 orang
• Guru tidak tetap: 2 orang
• Data ruang kelas
Kelas X : 9 lokal
Kelas XI IPA : 3 lokal
Kelas XI IPS : 4 lokal
Kelas XII IPA : 3 lokal
Kelas II IPS : 3 lokal
• jurusan
 IPA
 IPS
• Jumlah murid keseluruhan : 651 orang
• Data bangunan sekolah: 11
 Labor komputer :1
 Labor IPA :3
 Pustaka :1
 Kepsek :1
 Guru :1
 Tata usaha :1
 Mushala :1
 Osis :1
 BK :1




B. DIAGNOSIS

Berdasarkan data diatas, dapat di simpulkan bahwa terdapat kekurangan jumlah guru untuk memenuhi kebutuhan peserta didiknya. Jumlah guru yang tersedia pada sekolah tersebut hanya mencapai 46 orang guru. Seharuhnya pada tiap mata pelajaran di ajar oleh 4 orang guru, tapi pada kenyataannya guru yang mengajar pada tiap mata pelajaran tersebut hanya 3 orang saja. Dengan kekurangan guru tersebut sekolah mengambil kebijakan untuk mengantisipasi masalah tersebut dengan menugaskan guru untuk mengajar mata pelajaran yang seharusnya tidak sesuai dengan keahliannya. Dengan kondisi tersebut pembelajaran tidak efektif dirasakan oleh peserta didik disebabkan karena guru kurang menguasai mata pelajaran yang diajarkannya karena tidak sesuainya keahlian yang dia miliki dengan yang di ajarkan.













C. KEBIJAKAN
Berdasarkan diagnosis yang tertera diatas, dapat dilakukan dengan menambah jumlah guru dari 46 orang menjadi menjadi 60 orang guru dengan ketentuan pada tiap mata pelajaran diajarkan oleh 4 orang guru, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar